Jumat, 05 Agustus 2011

kanker darah (leukemia)



Apa itu kanker darah?

Blood cancer represents a large group of different malignancies. Kanker darah merupakan kelompok besar keganasan yang berbeda. This group includes cancers of the bone marrow, blood, and lymphatic system, which includes lymph nodes, lymphatic vessels, tonsils, thymus, spleen, and digestive tract lymphoid tissue. Kelompok ini mencakup kanker sistem sumsum tulang, darah, dan limfatik, yang meliputi kelenjar getah bening, pembuluh limfatik, amandel, timus, limpa, dan saluran pencernaan jaringan limfoid. Leukemia and myeloma, which start in the bone marrow, and lymphoma, which starts in the lymphatic system, are the most common types of blood cancer. Leukemia dan myeloma, yang dimulai di sumsum tulang, dan limfoma, yang dimulai dalam sistem limfatik, adalah jenis yang paling umum dari kanker darah. What causes these cancers is not known. Apa yang menyebabkan kanker ini tidak diketahui.
As leukemia and myeloma grow within the bone marrow, they can interfere with the bone marrow's ability to produce normal blood cells, including white blood cells, red blood cells, and platelets. Sebagai leukemia dan myeloma tumbuh dalam sumsum tulang, mereka bisa mengganggu kemampuan sumsum tulang untuk menghasilkan sel darah normal, termasuk sel darah putih, sel darah merah, dan platelet. This can cause frequent infections, anemia, and easy bruising . Hal ini dapat menyebabkan infeksi sering, anemia, dan mudah memar . Lymphomas, which most typically appear as enlargement of the lymph nodes, can also interfere with the body's ability to fight infections. Limfoma, yang paling biasanya muncul sebagai pembesaran kelenjar getah bening, juga dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Additionally, myelomas generate a substance that weakens bones, and produce abnormal proteins that can cause symptoms in other parts of the body. Selain itu, myelomas menghasilkan zat yang melemahkan tulang, dan menghasilkan protein abnormal yang dapat menyebabkan gejala di bagian lain dari tubuh.
Treatment of blood cancers has undergone substantial improvements, resulting in increased rates of remission and survival. Pengobatan kanker darah telah mengalami perbaikan substansial, mengakibatkan peningkatan tingkat remisi dan kelangsungan hidup. Remission occurs when there is no sign of cancer. Remisi terjadi ketika tidak ada tanda-tanda kanker. Today in the United States, almost 1 million people are alive with, or in remission from, blood cancer (Source: LLS ). Hari ini di Amerika Serikat, hampir 1 juta orang hidup dengan, atau remisi dari, kanker darah (Sumber: LLS ).
People who have blood cancer can have problems with bleeding and serious infections. Seek immediate medical care (call 911) for symptoms such as uncontrolled bleeding, severe sweating, difficulty breathing, pale or blue lips or fingernails, high fever (greater than 101 degrees Fahrenheit), fast heart rate, confusion, loss or change in level of consciousness, or anxiety . Orang yang menderita kanker darah dapat memiliki masalah dengan infeksi perdarahan dan serius. Carilah perawatan medis segera (panggilan 911) untuk gejala seperti pendarahan yang tidak terkontrol, keringat parah, kesulitan bernapas, bibir pucat atau biru atau kuku, demam tinggi (lebih dari 101 derajat Fahrenheit ), tingkat jantung cepat, kebingungan, kehilangan atau perubahan tingkat kesadaran, atau kecemasan .
Seek prompt medical care if you have experienced unexpected weight loss, persistent fever , frequent infections, night sweats, tiredness, bone pain, or enlarged lymph nodes. Mencari perawatan medis segera jika Anda mengalami penurunan berat badan yang tidak terduga, gigih demam , sering infeksi, keringat malam, kelelahan, nyeri tulang, atau pembesaran kelenjar getah bening

Gejala penyakit leukimia .

Seperti semua sel-sel darah, sel-sel leukemia mengalir ke seluruh tubuh. Gejala leukemia tergantung pada jumlah sel-sel leukemia dan di mana sel-sel ini menumpuk dalam tubuh.

Orang-orang dengan leukemia kronis mungkin tidak memiliki gejala. Orang-orang dengan leukemia akut biasanya pergi ke dokter mereka karena mereka merasa sakit. Jika otak dipengaruhi, mereka mungkin sakit kepala, muntah, kebingungan, kehilangan kontrol otot, atau kejang. Leukemia juga dapat mempengaruhi bagian lain dari tubuh seperti saluran pencernaan, ginjal, paru-paru, jantung, ataupun testis.

Gejala umum dari leukemia kronis atau akut bisa meliputi:
  • Pembengkakan kelenjar getah bening (di leher atau ketiak) yang biasanya tidak sakit
  • Demam atau berkeringat di malam hari
  • Sering infeksi
  • Merasa lemah atau lelah
  • Pendarahan dan mudah memar (gusi berdarah, bercak keunguan di kulit, atau bintik-bintik merah kecil di bawah kulit)
  • Pembengkakan atau rasa tidak nyaman di perut (karena hati/pancreas bengkak)
  • Berat badan turun drastic tanpa sebab jelas
  • Nyeri pada tulang atau sendi


Jika Anda menemukan gejala-gejala ini, pastikan segera berkonsultasi dengan dokter Anda agar dapat didiagnosa dan diobati sedini mungkin.

Diagnosa

Dokter kadang-kadang menemukan leukemia pada pemeriksaan darah rutin. Jika Anda memiliki gejala-gejala yang mengarah ke leukemia, Dokter Anda akan mencoba untuk mengetahui penyebabnya dan bertanya tentang riwayat kesehatan keluarga Anda.

Anda mungkin menjalani satu atau lebih dari tes berikut:
  • Pemeriksaan Fisik: Dokter akan memeriksa pembengkakan kelenjar getah bening, limpa, atau hati.
  • Pemeriksaan darah: Laboratorium akan melakukan hitung darah lengkap untuk memeriksa jumlah sel darah putih, sel darah merah, dan platelet. Leukemia menyebabkan jumlah sel darah putih sangat tinggi. Juga seringkali ditemukan rendahnya tingkat trombosit dan hemoglobin dalam sel darah merah.
  • Biopsi: Biopsi adalah satu-satunya cara pasti untuk mengetahui apakah sel-sel leukemia ada dalam sumsum tulang Anda. Hal ini memerlukan anestesi lokal untuk membantu mengurangi rasa sakit. Dokter akan mengambil beberapa sumsum tulang dari tulang pinggul atau tulang besar lainnya. Ada dua cara yang umum digunakan:
  • Aspirasi sumsum tulang: menggunakan jarum berongga tebal, yang diambil hanya sumsum tulang
  • biopsi sumsum tulang: menggunakan jarum berongga sangat tebal untuk mengangkat sepotong kecil tulang dan sumsum tulang.
Pemeriksaan Lainnya

Sitogenetik: Laboratorium akan meneliti kromosom dari sampel sel darah, sumsum tulang, atau kelenjar getah bening. Jika kromosom abnormal ditemukan, tes dapat menunjukkan jenis leukemia yang Anda miliki. Misalnya, orang dengan CML memiliki kromosom abnormal yang disebut kromosom Philadelphia.

Spinal Tap: Dokter Anda dapat mengambil beberapa cairan cerebrospinal (cairan yang mengisi ruang di dalam dan sekitar otak dan sumsum tulang belakang). Dokter menggunakan jarum panjang tipis untuk mengeluarkan cairan dari tulang punggung bagian bawah. Prosedur ini memakan waktu sekitar 30 menit dan dilakukan dengan anestesi lokal. Anda harus berbaring selama beberapa jam setelahnya, agar tidak pusing. Laboratorium akan memeriksa cairan untuk meneliti adanya sel-sel leukemia atau tanda-tanda lain dari masalah.

0 komentar:

Posting Komentar