Selasa, 13 September 2011

" sakit gigi "

Sakit gigi adalah rasa nyeri pada gigi. Sakit gigi disebabkan oleh berbagai masalah pada gigi dan rahang, seperti karies gigi, gingivitis atau penyakit rahang, dan masih banyak lagi. Sakit gigi juga merupakan gejala penyakit jantung, seperti angina. Sakit gigi dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke.
Sakit gigi biasanya merujuk kepada rasa sakit di sekitar gigi atau rahang terutama sebagai akibat dari kondisi gigi. Dalam banyak kasus, sakit gigi disebabkan oleh masalah gigi, seperti rongga gigi, gigi retak, suatu akar gigi terekspos, atau penyakit gusi. Namun, gangguan dari (bersama Temporo-mandibula) sendi rahang juga dapat menyebabkan sakit yang disebut sebagai "sakit gigi". Tingkat keparahan sakit gigi dapat berkisar dari ringan hingga kronis, tajam dan menyiksa. Rasa sakit dapat diperburuk oleh mengunyah atau dingin atau panas. Sebuah ujian lisan menyeluruh, yang mencakup gigi X-ray, dapat membantu menentukan apakah sakit gigi datang dari masalah gigi atau rahang dan penyebabnya.
Kadang-kadang, sakit gigi mungkin disebabkan oleh masalah yang tidak berasal dari gigi atau rahang. Sakit di sekitar gigi dan rahang dapat gejala penyakit jantung (seperti angina atau serangan jantung ), telinga (seperti eksternal infeksi telinga atau bagian dalam), dan sinus (udara bagian-bagian dari tulang pipi). Misalnya, sakit angina (pasokan darah beroksigen yang tidak memadai ke otot jantung karena penyempitan pembuluh darah ke jantung) biasanya terletak di bagian dada atau lengan. Namun, pada beberapa pasien dengan angina, rasa sakit sakit gigi atau rahang adalah satu-satunya gejala dari masalah hati mereka. Infeksi dan penyakit telinga dan sinus juga dapat menyebabkan rasa sakit di sekitar gigi dan rahang. Oleh karena itu, evaluasi oleh dokter gigi dan dokter kadang-kadang diperlukan untuk mendiagnosa penyakit medis yang menyebabkan "sakit gigi."

Cara mengobati sakit gigi dengan cepat :

Sebenarnya lebih tepat kalau dibilang tindakan pertama pada sakit gigi.Karena rasa sakit yang benar-benar membuat tidak nyaman sama sekali, maka kita perlu tindakan secepatnya untuk mengatasinya, setidaknya untuk sementara waktu sakit gigi anda bisa mereda. Berikut ini tindakan pertama untuk mengobati sakit gigi dengan cepat:
  • Pijat otot diantara ibu jari tangan dan jari telunjuk anda, kanan atau kiri. Pijatan ini juga biasa dilakukan bila sedang sakit kepala. Selain karena ada otot yang berhubungan,tindakan memijat otot di tempat tersebut adalah sarana pengalihan rasa sakit sementara sambil menunggu obat sakit gigi.
  • Pijatan juga bisa dilakukan di otot rahang, pipi di bawah telinga anda.Anda bisa rasakan, ada otot yang terkena pijatan tersebut, dan sakit gigi anda akan berkurang untuk sementara waktu. Dan bisa juga untuk mengoleskan balsam pada tempat tersebut sambil memijat.
  • Berkumurlah dengan air hangat dicampur sedikit garam dan kompres dengan air hangat, atau bisa juga agak panas sedikit di pipi tempat sebeah dalamnya terdapat gigi yang sakit.
  • Bisa juga dengan es batu (es balok), ambil pecahannya yang kecil dan tempelkan ke tempat sakit gigi, niscaya rasa sakit pada gigi anda akan sedikit berkurang.
Itu beberapa cara mengobati sakit gigi dengan cepat, untuk sementara waktu sakit pada gigi akan terasa jauh berkurang. Dan selanjutnya kita bisa menyiapkan tindakan selanjutnya yaitu obat sakit gigi tradisional.

Obat sakit gigi tradisional

  • Daun sirih diremas, kemudian campur dengan air panas (yang baru mendidih kalau bisa). Kemudian berkumurlah dengan rebusan daun sirih tersebut dan dicampur dengan sedikit garam.
  • Dengan belimbing wuluh, caranya sangat mudah. Anda tinggal makan belimbing wuluh yang dicampur dengan sedikit garam. Memakannya di tempat gigi yang sakit.
  • Menggunakan bawang putih yang dicampur dengan sedikit garam. Caranya, tumbuk bawang putih dan dicampur garan, kemudian tempelkan ke dalam di tempat gigi yang sakit.
  • Bisa juga menggunakan bawang merah, caranya sama seperti mengobati sakit gigi dengan bawang putih di atas.
  • Memakai cengkeh, bisa dengan disangrai sampai kering dan kemudian ditumbuk halus. Tumbukan cengkeh ini masukkan ke dalam gigi yang berlobang, dan diatasnya ditutup dengan kapas.
  • Masih memakai cengkeh yang disangrai dihaluskan dan dicampur garam, tambahkan air panas sedikit. Kemudian celupak kapas bersih pada cairan cengkeh dan garam tersebut, dan tempelkan pada gigi yang sakit. Bisa juga dipakai untuk berkumur dengan dicampur air yang agak banyak.
  • Obat sakit gigi dengan jeruk nipis juga bisa dilakukan. Caranya peras jeruk nipis, dan airnya dipoleskan ke tempat sakit gigi, ulangi terus denganjaraj sekitar 10 menit.
  • Menggunakan cabai hijau, caranya cabai hijau dipotong ujungnya sedikit saja. Kemudian dibakar (jangan sampai gosong), dan ujung cabai yang sudah dipotong tadi tempelkan pada tempat sakit gigi.
  • Obat sakit gigi dengan cabai rawit, tumbuk (gerus) cabai rawit hingga halus, campurkan sedikit air hangat dan celupkan kapas ke cairan tersebut dan tempelkan di tempat sakit gigi.

0 komentar:

Poskan Komentar