Senin, 17 Oktober 2011

komedo

merupakan bahasa ilmiah dari pori-pori kulit wajah yang tersumbat. Penyumbatan ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati yang menumpuk dan produksi minyak yang berlebihan. Keadaan ini terjadi dikarenakan tidak terjaganya kebersihan pada kulit wajah, udara panas yang menimbulkan keringat atau kosmetik.

Komedo terdiri dari dua jenis,  yaitu jenis komedo yang terbuka atau disebut blackhead, pori-pori yang tersumbat  jelas terlihat  berwarna hitam karena teroksidasi oleh udara, di bagian terluar kulit.
Jenis komedo yang kedua disebut juga  whitehead atau komedo yang tertutup, pori-pori yang tersumbat ini di tumbuhi kulit pada bagian terluarnya sehingga hanya terlihat gumpalan putih saja yang menonjol.

Untuk mencegah terjadinya komedo kita harus senantiasa menjaga kebersihan wajah, sel-sel kulit yang mati bisa dibersihkan dengan pembersih yang mengandung salicylic-acid atau sabun scrub. Kontrolah kadar minyak, khususnya pada jenis kulit yang berminyak menggunakan masker atau kertas penyerap minyak.
Untuk komedo yang terbuka bisa memakai plaster pore strips, banyak dijual bebas di pasaran dengan merk yang terkenal.
TIDAK ada seorang pun ingin wajahnya “dihias” komedo, apalagi sampai terlihat lawan bicara. Tak perlu mengatasinya dengan cara mahal, sebab tanpa ke luar rumah, Anda juga bisa mengangkat komedo.

Segala cara diupayakan untuk menghilangkan komedo. Sayang, hasilnya tetap saja di luar harapan. Dengan plester khusus, komedo tetap saja ada bahkan terlihat semakin jelas di bagian hidung. Memencet terlalu keras juga hanya akan membuat hidung merah dan sakit. Hasil nihil tak jauh beda dengan pemakaian krim khusus berbahan kimawi.

Mengapa tidak mencoba perawatan di rumah? Karena dengan perawatan yang tepat, Anda bisa mencegah kemunculan komedo sejak awal.

Beberapa bahan alami bisa menjadi solusi komedo. Ikuti cara-caranya, seperti dilansir dari Ehow:

Garam

Cuci wajah Anda sehari sekali menggunakan air hangat yang sudah dicampur garam. Garam akan mengurangi minyak berlebih, dalam kata lain membantu menghilangkan komedo.

Pasta gigi

Oleskan sedikit pasta gigi di daerah berkomedo untuk mengurangi bengkak akibat minyak berlebihan.

Jeruk lemon

Peras jeruk lemon dan balurkan airnya di atas komedo, biarkan semalam. Sifat asam jeruk lemon akan mengurangi minyak di area berkomedo dan membantu menghilangkan komedo.

Lidah buaya

Patahkan batang lidah buaya lalu oleskan lendirnya ke area berkomedo. Lidah buaya akan menghaluskan kulit dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Hasilnya, kulit lebih segar tanpa komedo.

Es batu

Usapkan es batu di sekitar area berkomedo sekira 10 menit. Cara ini akan membuat pori-pori kulit mengecil hingga komedo tidak mudah menembusnya.

Putih telur
Campurkan sebutir putih telur lalu tambahkan 1 sendok teh madu. Oleskan pada wajah dan biarkan mengering selama 20-30 menit. Bersihkan dengan air hangat. Cara ini dilakukan untuk mengurangi komedo sekaligus membantu mencegah kemunculan komedo baru.

Bit

Campurkan buah bit dengan sedikit air sehingga membentuk seperti pasta. Balurkan ke wajah dan biarkan selama 30 menit. Lakukan sekali sepekan untuk kulit halus bebas komedo.

Air putih

Minum lebih banyak air putih. Air putih membantu membersihkan sistem pencernaan dan membuat kulit lebih bercahaya.

0 komentar:

Poskan Komentar