Minggu, 23 Oktober 2011

penyakit bisinosis

Tanpa kita sadar bekerja ternyata dapat menimbulkan penyakit. Salah satunya penyakit paru-paru. Jenis penyakit dan tingkat bahayanya tergantung tempat dan bagaimana kita bekerja. berikut akan saya uraikan satu-satu:
Silikosis:

Penyakit paru-paru kerja yang banyak dijumpai akibat penimbulan silika bebas. Penyakit ini banyak menimpa mereka yang bekerja di Industri, seperti Batu-bara, pabrik semen, tambang timah, dll.Tingkat Silikosis:
  1. Silikosis Rendah, penderita mengalami sesak ringan.
  2. Silikosis Sedang, batuk dan sesak semakin menjadi dan faal baru jelas mulai terganggu.
  3. Silikosis tinggi, paru-paru semakin menghebat dan dapat terjadi kor pulmonale.
sampai sekarang penyakit ini belum ada obatnya. Untuk itu pencegahan sangat penting dilakukan.

Asbesitosis:
Penyakit ini berasal dari penggunaan asbes di kehidupan kita sehari-hari. tidak ada pengobatan spesifik mengenai penyakit ini. Di banyak negara maju sudah ada aturan khusus untuk penggunaan asbes yang dikenal sebagai "The Asbestos Regulation".

Bisinosis:
Penyakit ini pertama kali dikenalkan oleh Dr. Kay dari Inggris pada awal abad XIX. Ia menemukan adanya gangguan pada pekerja pabrik tekstil. Gejala Bisinosis adalah keluhan rasa berat/sempit di dada dan sesak panas pada hari pertama masuk kerja setelah libur akhir pekan. sehingga sering disebut Monday Fever.

Kanker Paru-paru Akibat Kerja:
Kanker paru-paru banyak ditemukan pada pria, biasanya timbul akibat kebiasaan merokok, di pihak lain polusi udara di tempat kerja juga dapat menjadi penyebabnya.

0 komentar:

Poskan Komentar