Selasa, 25 Oktober 2011

Tips mecegah penyakit Deman berdarah

Tips Mencegah dan Mengatasi Demam Berdarah

Musim kali ini kok kurang jelas ya..padahal biasanya sekarang ini musim kemarau tapi masih ada hujan juga. sehingga akibatnya siswa saya banyak yang sakit. penyakitnyapun berbeda-beda mulai dari batuk, pilek, radang, bahkan demam berdarah .
ya…Penyakit demam berdarah tidak kenal usia, dapat menyerang orang dewasa , anak-anak, dan balita.
Gejala :
Panas tinggi mendadak selama 2 – 7 hari, tampak bintik merah pada kulit, kadang terjadi pendarahan di hidung, muntah dan BAB disertai darah, serta nyeri di ulu hati.
Pencegahan :
Pencegahan , yang dikenal dengan gerakan 3 M , yaitu;
1. Menguras tempat penampungan air sekurang-kurangnya satu minggu sekali,
2. menutup rapat penampungan air,
3. mengubur barang bekas yang dapat menampung air hujan seperti kaleng bekas, plastik bekas, dan lain lain.
Pasang kawat kasa di rumah, pencahayaan dan ventilasi memadai, jangan biasakan menggantung pakaian dalam rumah, bubuhkan bubuk abate di tempat yang sulit dikuras.
Pemberantasan vektor /nyamuk ; penyemprotan / fogging fokus pada lokasi ditemui kasus. Kunjungan ke rumah-rumah untuk pemantauan jentik dan abatisasi. Penyuluhan dan kerja bakti melakukan kegiatan 3M.
Pencegahan yang efektif seharusnya dilaksanakan secara bersama-sama antara masyarakat, pemerintah dan petugas kesehatan.
Tindakan :
Pertolongan pertama berikan minum sebanyak banyaknya dengan air yang sudah dimasak seperti air susu, teh atau air minum lainnya. Berikan kompres air hangat, berikan obat penurun panas, segera bawa ke dokter untuk memastikan penyakitnya dan dapat melakukan pertolongan yang tepat.
Pesan untuk orang tua….
Jika anak anda mengalami demam tinggi lebih dari 2 hari segera periksakan ke dokter, dengan tetap memberikan cairan yang cukup dan obat penurun panas.
Jika anak anda dinyatakan tersangka demam berdarah yang dipulangkan maka ;
Kontrol setiap hari ke rumah sakit selam masih demam.
Berikan obat penurun panas bila diperlukan.
Berikan minum sedikitnya 4-6 gelas perhari, disamping air putih dapat diberikan the manis, sirup, jus buah, oralit,dll.

0 komentar:

Poskan Komentar