Selasa, 11 Oktober 2011

penyakit polip

PENYAKIT POLIP HIDUNG DAN PENGOBATANNYA

Polip adalah penyakit yang menyerang rongga hidung. Penyebabnya adalah tumbuhnya daging kecil (tumor lunak) di dalam rongga hidung akibat peradangan rinitis alergica yang tidak segera di obati. Di samping harus menjalankan pengobatan, penderita penyakit ini juga harus berpantangan menyantap makanan yang bisa menimbulkan alergi, seperti udang, kepiting, dan tongkol. Selain itu juga harus menjauhi media penyebab alergi, berupa debu, serbuk sari (polen), bulu binatang, asap rokok, dan asap pabrik. Penderita polip menunjukkan gejala sebagai berikut :
Hidung terasa seperti tersumbat.
Rongga hidung terasa gatal dan perih.
Sering bersin.
Mata berair akibat alergi.
Terkadang di sertai dengan demam.

Ramuan yang dapat di gunakan
Resep ramuan tradisional yang dapat di gunakan untuk mengobati polip adalah sebagai berikut:

Bahan – bahan

7 lembar daun sirih, 1 genggam daun cemara, dan 1 jari kunyit.

Cara membuat

Kunyit di kupas, di cuci, lalu di parut. Bahan-bahan lain di cuci bersih, lalu di rebus bersama parutan kunyit. Air yang di gunakan sebanyak 10 gelas air. Bahan-bahan tersebut di didihkan hingga air rebusan tersisa sekitar 8 gelas. Air rebusan tersebut di tuangkan ke dalam panci.

Cara memakai

Kepala penderita di selubungi dengan handuk. Kepala di tempatkan tepat di atas panci, lalu uapnya di hirup. Lakukan pengobatan ini 2 kali sehari pada pagi hari dan sore hari sampai penyakitnya benar-banar hilang.

GEJALA
Polip biasanya tumbuh di daerah dimana selaput lendir membengkak akibat penimbunan cairan, seperti daerah di sekitar lubang sinus pada rongga hidung.
Ketika baru terbentuk, sebuah polip tampak seperti air mata dan jika telah matang, bentuknya menyerupai buah anggur yang berwarna keabu-abuan.

Polip menyebabkan penyumbatan hidung, karena itu penderita seringkali mengeluhkan adanya penurunan fungsi indera penciuman.
Karena indera perasa berhubungan dengan indera penciuman, maka penderita juga bisa mengalami penurunan fungsi indera perasa dan penciuman.

Polip hidung juga bisa menyebabkan penyumbatan pada drainase lendir dari sinus ke hidung. Penyumbatan ini menyebabkan tertimbunnya lendir di dalam sinus. Lendir yang terlalu lama berada di dalam sinus bisa mengalami infeksi dan akhirnya terjadi sinusitis.

Penderita anak-anak sering bersuara sengau dan bernafas melalui mulutnya.
DIAGNOSA
Diagnosa ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.
PENGOBATAN
Obat semprot hidung yang mengandung corticosteroid kadang bisa memperkecil ukuran polip atau bahkan menghilangkan polip.

Pembedahan dilakukan jika:
  • Polip menghalangi saluran pernafasan

  • Polip menghalangi drainase dari sinus sehingga sering terjadi infeksi sinus

  • Polip berhubungan dengan tumor.

    Polip cenderung tumbuh kembali jika penyebabnya (alergi maupun infeksi) tidak terkontrol.
    Pemakaian obat semprot hidung yang mengandung corticosteroid bisa memperlambat atau mencegah kekambuhan. Tetapi jika kekambuhan ini sifatnya berat, sebaiknya dilakukan pembedahan untuk memperbaiki drainase sinus dan membuang bahan-bahan yang terinfeksi.

  • PENCEGAHAN
    Anda dapat membantu mengurangi kemungkinan Anda untuk mengalami polip hidung atau kambuhnya polip hidung setelah perawatan dengan strategi pencegahan berikut:
    1. Mengatur alergi dan asma. Mengikuti pengobatan dokter rekomendasi untuk mengelola asma dan alergi. Jika gejala tidak mudah dan secara teratur di bawah kendali, konsultasi dengan dokter Anda tentang perubahan rencana pengobatan Anda.
    2. Hindari iritasi. Sebisa mungkin, hindari hal-hal yang mungkin untuk memberikan kontribusi untuk peradangan atau iritasi sinus Anda, seperti alergen, polusi udara dan bahan kimia.
    3. Hidup bersih yang baik. Cuci tangan Anda secara teratur dan menyeluruh. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi terhadap infeksi bakteri dan virus yang dapat menyebabkan peradangan pada hidung dan sinus.
    4. Melembabkan rumah Anda. Gunakan pelembab ruangan jika Anda memiliki udara kering di rumah Anda. Hal ini dapat membantu meningkatkan aliran lendir dari sinus Anda dan dapat membantu mencegah sumbatan dan peradangan.
    5. Gunakan bilasan hidung atau nasal lavage. Gunakan air garam (saline) spray atau nasal lavage untuk membilas hidung Anda. Hal ini dapat meningkatkan aliran dan menghilangkan lendir penyebab alergi dan iritasi. Anda dapat membeli semprotan saline atau lavage nasal dengan perangkat, seperti sedotan, untuk mngantarkan bilasan. Anda dapat membuat solusi sendiri dengan mencampurkan 1 / 4 sendok teh (1.2 ml) garam dengan 2 cangkir (0,5 liter) air hangat. Hindari air garam semprot yang mengandung zat aditif yang dapat membakar lapisan mukosa hidung Anda.

    0 komentar:

    Poskan Komentar