Selasa, 25 Oktober 2011

tips mengobati penyakit lupus

Gejala dan Penyembuhan Penyakit Lupus

LUPUS itu penyakit apa? Bagaimana gejalanya dan cara penyembuhannya?
Lupus, penyakit yang lengkapnya disebut lupus eritematosus, adalah penyakit autoimun (yaitu antibodi yang seharusnya bekerja melindungi tubuh dari penyakit, justru berbalik menjadi penyerang dan menyebabkan penyakit bagi tubuh).
Penyakit ini tidak menular. Lebih banyak diderita oleh wanita (biasanya antara 15-44 tahun). Penyakit lupus eritematosus ini dibagi 2, yaitu yang disebut discoid, ini menyebabkan bercak kemerahan di kulit – bersifat menahun/ kronik dan tidak berbahaya. Tetapi yang lebih dikenal oleh masyarakat adalah yang disebut sistemik, yaitu yang bersifat akut (datang dengan tiba-tiba) dan berbahaya, bahkan dapat fatal.
Penyebabnya masih belum diketahui secara pasti, ada yang mengatakan merupakan gabungan dari faktor genetik (bawaan), imunologi (daya tahan tubuh), infeksi virus, lingkungan, paparan sinar matahari, stress atau hormonal. Gejala seperti lupus dapat pula dicetuskan oleh obat tertentu, tetapi ini akan hilang apabila orang tersebut berhenti minum obat tersebut. Gejalanya sangat bermacam-macam, tergantung jenisnya. Terkadang gejalanya tidak jelas, berbeda pada tiap orang dan sulit untuk mendiagnosanya.
Untuk Lupus Eritematosus Sistemik, gejalanya adalah sebagai berikut (tidak sama pada tiap penderita, ada penderita yang mengalami hanya 1 gejala, ada yang mengalami semua gejala) :
• Perasaan lelah, penurunan berat badan, kadang kadang demam tanpa menggigil, gejala ini timbul selama berbulan bulan sebelum ada gejala lain • Gejala kulit : Kemerahan di pipi kanan dan kiri, (membentuk gambar kupu kupu di atas wajah) ,benjolan kecil kecil di kulit pipi, rasa sensitif terhadap cahaya sinar matahari di daerah yang tidak tertutup pakaian, benjolan kecil coklat di tubuh, radang pembuluh darah, kebotakan dan penipisan rambut, timbul bercak bercak hitam di kulit, borok di kaki. Butterfly rash (kemerahan di kedua pipi yang menyerupai kupu kupu) —Red, dapat digunakan sebagai ilustrasi gambar.
• Di selaput lendir mulut, mata, vagina dapat timbul seperti sariawan, radang, bercak merah, bahkan seperti borok. Sakit dada, sesak Pembesaran kelenjar getah bening
• Kelainan darah Depresi, gangguan berpikir, gangguan ingatan
• Dapat terjadi kejang kejang, halusinasi
• Dapat menyebabkan keguguran berulang (saat hamil )
• Apabila sedang kedinginan atau stress, jari kuku tangan dan kaki menjadi pucat atau kebiruan
• Dapat terjadi radang ginjal, kelainan ginjal, radang selaput paru paru, radang selaput jantung, penumpukan cairan pada rongga perut, radang usus, pembesaran hati dan limpa.
• Kelainan di sendi (bengkak, nyeri – radang), tulang, otot, kelenjar getah bening, otak dan sistem saraf.
Tidak ada pengobatan yang dapat menyembuhkan lupus.Pengobatan yang diberikan berguna untuk menangani gejala-gejalanya. Dokter akan melihat gejala yang ada dan mengobati gejala tersebut. Untuk gejala yang lebih berat, digunakan obat kortikosteroid atau terapi sitostatik/ chemotheraphy. Antibiotik, antivirus dan anti jamur juga diberikan apabila juga ada infeksi.

0 komentar:

Poskan Komentar