Rabu, 19 Oktober 2011

penyakit radang sendi

ARTHRITIS atau radang sendi merupakan penyakit yang disertai dengan gejala-gejala yang bisa sangat mengganggu aktivitas keseharian. Radang sendi ini biasanya ditandai dengan kemerahan, kekakuan, pembengkakan dan rasa sakit di area persendian. Radang sendi ini bisa dibedakan menjadi 3 kelompok yaitu rematik arthritis yang biasanya menyerang persendian jari, pergelangan, lutut dan jari kaki. Akan tetapi, bukan berarti kalau bagian persendian lainnya di seluruh tubuh bebas sepenuhnya dari serangan.

Kedua adalah osteoarthritis yang bisa menyerang persendian manapun tetapi biasanya terjadi pada pinggang, lutut, kaki dan tulang belakang. Selanjutnya adalah encok yang seringkali menyerang anggota tubuh bagian bawah dan target utamanya biasanya adalah jari kaki. Rasa sakit akibat encok bisa sangat  parah sehingga tersentuh kaus kaki atau sprei saja sakitnya bisa tidak tertahankan.

Untuk mengatasi sakit ini, biasanya dokter akan memberikan obat tertentu. Tetapi, diluar itu, Anda bisa membantu meredakan sakit dengan melakukan berbagai upaya pengobatan alternatif yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Berikut beberapa pengobatan sederhana yang bisa Anda coba untuk meredakan sakit akibat radang sendi.

1. Pengobatan alami dengan kayu manis

Studi-studi telah menunjukkan, kayu manis merupakan pengobatan alami yang efektif untuk meredakan sakit akibat radang sendi. Tambahkan 1 sendok teh bubuk kulit manis ke dalam 1 sendok makan madu setiap pagi sebelum sarapan. Lakukan setiap hari selama 1 bulan. Anda sudah akan bisa merasakan hasilnya dalam 1 minggu pertama.

2. Pengobatan alami radang sendi dengan garam epsom

Garam epsom atau yang dikenal juga dengan garam inggris mengandung magnesium tinggi. Magnesium, pastinya Anda sudah tahu, sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan mengatur kadar pH tubuh. Kekurangan magnesium akan menurunkan kemampuan tubuh menyerap dan menggunakan kalsium serta fosfor, 2 mineral dasar pembangun tulang.

Cara pengobatan alami berikut bisa digunakan untuk mengurangi gejala yang berkaitan dengan radang sendi. Tapi jangan lupa, jika Anda menderita penyakit jantung atau ginjal, berkonsultasilah dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba pengobatan ini. Kelebihan magnesium bisa memicu diare, pusing, kram, melemahnya otot, serta jantung tidak normal.


  • Campurkan 3 sendok makan jus lemon segar dan 3 sendok makan garam epsom ke dalam 0.56 liter air hangat. Minulah 1 sendopk teh di pagi hari dan 1 sendok teh di malam hari.
  • Tambahkan 3 cangkir garam epsom ke dalam bak mandi ber-air hangat dan berendamlah di dalamnya. Magnesium dalam garam akan diserap tubuh dan akan merelakskan persendian dan otot-otot yang kaku.

3. Cegah dan atasi radang sendi dengan minyak hati ikan cod

Penelitian telah menunjukkan, mengonsumsi minyak hati ikan cod dalam jumlah kecil setiap hari potensial menurunkan kerusakan tulang rawan, yang merupakan salah satu gejala utama osteoarthritis. Selain itu, asam omega-3 yang terkandung dalam minyak bisa membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat radang sendi. Karena itu, akan sangat menguntungkan jika Anda bisa menambahkan 1-2 sendok teh minyak hati ikan cod ini dalam kehidupan Anda sehari-hari.

4. Lakukan peregangan lembut

Peregangan berfungsi untuk menguatkan dan meningkatkan mobilitas. Olahraga kadang menjadi dilema jika dihadapkan dengan radang sendi. Bergerak sakit, tapi tidak bergerak juga akan merusak. Gerakan yang tidak tepat bisa membahayakan, tetapi gerakan yang tepat bisa menyembuhkan. Cobalah melakukan yoga. Yoga biasanya mengajarkan gerakan dengan jajaran persendian yang tepat sehingga bisa membawa sendi yang salah kembali ke posisi normal saat otot-otot diregangkan dan dikuatkan. tapi jangan lupa, yoga cerdas adalah kunci mengembalikan kesehatan. Tapi, pastikan Anda melakukannya sesuai dengan batas-batas penyakit Anda.

5. Redakan sakit dengan kurangi stres

Jika Anda merasa sakit dan bertambah tegang, maka Anda akan merasa semakin sakit. Mereka yang bisa mengontrol segala hal dalam kehidupannya juga lebih bisa mengontrol rasa sakit dibandingkan mereka yang tidak. Penelitian menunjukkan pentingnya sikap psikologis dalam meredakan sakit akibat radang sendi. Jika menderita radang sendi, Anda harus bisa belajar memahaminya. Jangan memaksakan diri mengerjakan semua hal saat Anda tidak merasakan sakit. Hal ini akan membuat Anda kelelahan dan kesakitan di hari berikutnya. Lakukan sedikit demi sedikit setiap hari, baik saat mengalami sakit ataupun tidak.

Belajarlah untuk relaks. Jika Anda fokus pada rasa sakit, maka akan terasa semakin sakit. Tapi, jika Anda sibuk dengan hal lain yang penting bagi Anda, Anda tidak akan terlalu merasakan sakitnya.

6. Cegah kaku di pagi hari

Hampir 90% pasien radang sendi merasa kaku di pagi hari. Untk menghindari ini, oleskan salep di malam hari sebelum tidur. Ini akan membuat Anda relaks serta menguatkan Anda secara mental. Penderita radang sendi umumnya merasa lebih baik sepanjang hari jika mereka merasa tidak kaku saat bangun di pagi hari.

7. Berendam di kolam

Studi-studi telah menunjukkan, mengapung di kolam, khususnya di kolam yang sudah didisain khusus dengan suhu yang telah disesuaikan bisa meredakan sakit akibat radang sendi. Dengan berendam, stres akan berkurang, maka rasa sakit juga akan berkurang. Saat mengapung, tubuh akan relaks, otot-otot juga relaks, dan hal ini akan menstimulus pelepasan endorphin, penghilang rasa sakit alami tubuh. Suhu yang disesuaikan dengan suhu kulit juga akan membuat Anda benar-benar relaks.

8. Cegah sakit dengan es

Persendian akan sakit jika digunakan secara berlebih. Untuk mencegah hal ini, kompreslah persendian dengan kantung berisi es selama 15-20 menit. Kemudian angkat es dan bisa diulangi lagi setelah 10-15 menit.

9. Jus sayur

Jus sayur secara signifikan terbukti mengurangi rasa sakit pada pasien penderita rematik arthritis. Anda bisa menggunakan jus wortel, jus seledri, jus kol, atau jus tomat.

0 komentar:

Poskan Komentar